Halaman

Selasa, 13 Desember 2016

VGA CARD ( Lebih Spesifikasi)



VGA CARD





  • ·         PENGERTIAN VGA CARD (KARTU GRAFIS)


VGA kepanjangan dari Video Graphics Acceleratoryang berfungsi mengolah data graphis
untuk ditampilkan pada layar monitor, VGA juga memiliki prossesor yang di sebut GPU (Graphics Processing Unit)dan membutuhkan memory.

VGA adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM
pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.

Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.



  • ·         Sejarah Perkembangan VGA


Pada sebuah PC ada 3 komponen yang sangat berperan penting dalam hal kinerja grafis: prosesor, memori, dan kartu VGA. VGA (Video Graphics Adapter), adalah standar tampilan komputer analog. VGA juga bisa diartikan sebagai komponen yang tugasnya menghasilkan visual dari komputer dan hardware yang memberikan perintah kepada monitor untuk menampilkan keluaran visual yang dapat kita lihat. VGA pertama kali dipasarkan pada tahun 1987 oleh IBM (International Bushiness Machines Corporation) disingkat menjadi IBM. IBM adalah salah satu perusahaan AS yang membuat/memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak. IBM didirikan pada 15 Juli 1911 dan beroprasi pada tahun 1888 yang berpusat di Armonk, New York, AS.


  • ·         FUNGSI VGA CARD

Fungsi VGA Card atau Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card adalah berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game.


  • ·         JENIS-JENIS VGA CARD

VGA terbagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu :

1. VGA Integrated atau bisa juga disebut dengan VGA Onboard. 

adalah VGA yang  sudah terpasang pada Mainboard. Kualitas VGA jenis ini tidaklah begitu bagus, namun jika hanya digunakan untuk mengakses program office ataupun game yang tidak terlalu berat. Perlu kita ketahui bersama bahwa VGA Onboard itu mengurangi jumlah memori utama. Semisal kita mempunyai memori 1 Gb dan menggunakan VGA Onboard 256 Mb, maka jumlah memori yang digunakan oleh sistem komputer adalah 1 Gb – 256 Mb atau sejenis dengan 1000 Mb – 256 Mb  = 744 Mb, kecuali kita menggunakan Mainboard yang jenisnya autosharing, maka ini dapat membagi penggunaan memori sistem dan VGA.

Contohnya seperti gambar dibawah ini:




2. VGA Offboard atau VGA Card add-on

Merupakan VGA yang belum terintegrasi pada mainboard atau belu ada VGA pada Mainboard. VGA Offboard kualitasnya lebih baik dari pada VGA Onboard. Untuk VGA Offboard ada beberapa jenis yang diantaranya adalah : VGA PCI, VGA AGP, VGA PCI EXPRES.

Contoh VGA Offboard :




  • ·         Kelemahan dan kelebihan (VGA card Onboard dan Offboard )


1. VGA card Onboard
kelebihan yakni sudah satu paket dengan motherboard, sehingga dipastikan tidak akan ada masalah dengan komputer anda ketika digunakan. Terlebih lagi, VGA card on-board bisa dikatakan gratis. Setiap anda membeli motherboard, pasti sudah terpasang VGA card on-board. Tentu saja ini sangat baik untuk anda yang memiliki budget terbatas dalam pembelian komputer.

Kekurangannya adalah VGA card on-board tidak memiliki memori sendiri. Hal ini berakibat “pemotongan” memori utama CPU atau laptop anda yang dikenal dengan RAM untuk digunakan oleh VGA. Jika RAM terbatas, tentu saja kinerja PC secara keseluruhan akan menjadi lambat.

2. VGA card Offboard atau add-on.
kelebihannya adalah bisa melakukan pekerjaan rendering berat dan tidak “memakan” memori utama atau RAM dalam CPU. Proses yang melibatkan grafis tidak akan membebani prosesor dan komputer anda akan lebih cepat dalam memproses sesuatu..



  • Jenis-Jenis VGA Bedasarkan Memori yang digunakan


VGA card memiliki jenis-jenis yang dibedakan berdasarkan memori yang digunakannya, berikut ini ada 5 jenis-jenis VGA card yang perlu kamu ketahui:

1.      DRAM (Dynamic RAM)

VGA card yang menggunakan memori DRAM (Dynamic RAM) memiliki kecepatan 80ns atau 70 ns, ada juga MD-RAM (Multiple Dynamic RAM) yang memiliki DRAM (Dynamic RAM) berlapis. DRAM (Dynamic RAM) banyak digunakan oleh VGA card 8, 16 atau 32-bit. Penggunaan DRAM (Dynamic RAM) ditujukan untuk komputer entry level yang tidak memerlukan warna dan kecepatan tinggi dalam merendering grafis.


2.      EDO RAM

VGA card yang menggunakan memori EDO RAM memiliki kecepatan 60 ns sampai 35 ns, EDO RAM banyak ditemui pada VGA card 64-bit.

3.      VRAM (Video RAM)

VGA card yang menggunakan VRAM (Video RAM) memiliki kecepatan 20 atau 10 ns, VRAM (Video RAM) lebih mahal dibandingkan DRAM karena kecepatannya untuk melakukan rendering. Penggunakan VRAM (Video RAM) untuk VGA biasanya digunakan untuk komputer high level atau untuk desain grafis.

4.      SGRAM (Synchronous Graphic RAM)

VGA card yang menggunakan SGRAM (Synchronous Graphic RAM) memiliki kecepatan kurang dari 10 ns, SGRAM dikembangkan berdasarkan SDRAM pada memori komputer. SGRAM (Synchronous Graphic RAM) banyak digunakan untuk VGA card kelas tinggi yang mempunyai kemampuan 3D accelerator.


5.      RAMBUS

VGA card yang menggunakan RAMBUS jumlahnya sangat sedikit, biasanya VGA berjenis RAMBUS digunakan oleh konsol-konsol game seperti Nitendo atau Sega.


  • Jenis-Jenis I/O VGA card


Untuk memasak VGA card, ada beberapa jenis bentuk slot peripheral yang ada di dalam motherboard, berikut jenis-jenis slot peripheral untuk memasang VGA card:

1.      VGA ISA

VGA card ISA adalah jenis VGA card yang dimasukan di slot ISA (Industry Standard Architecture) yang memiliki sistem 8-bit atau 16-bit. VGA card jenis ini sekarang sudah tidak diproduksi lagi, karena selain kecepatan rendering yang lambat, tampilan dari hasil renderingnya pun terbilang terbatas. Teknologi slot ISA 8-bit diperkenalkan pertama kali pada tahun 1981 dan slot ISA 16-bit diperkenalkan pertama kali pada tahun 1984.


2.      VGA EISA

VGA card EISA adalah jenis VGA card yang terpasang pada slot EISA (Extended Industry Standard Architecture) yang memiliki sistem 32-bit. VGA card jenis ini sudah tidak digunakan lagi sama seperti VGA card ISA karena keterbatasan pada kecepatan, kehalusan gambar, serta kombinasi warna yang dihasilkannya. Teknologi slot EISA dikenalkan pertama kali pada tahun 1988.


3.      VGA PCI

VGA card PCI adalah jenis VGA card yang terpasang pada slot PCI (Peripheral Component Interconnect) yang memiliki sistem 32-bit atau 64-bit. Teknologi slot PCI digunakan pertama kali pada tahun 1993. VGA card PCI pada jaman sekarang sudah jarang digunakan karena keterbatasan fitur.


4.      VGA AGP

VGA card AGP adalah jenis VGA card yang terpasang pada slot AGP (Accelerated Graphics Port) yang memiliki sistem 128-bit atau 256-bit. VGA card AGP pada awalnya dibuat untuk kemampuan rendering yang lebih cepat dari CPU ke display.


5.      VGA PCIe

VGA card PCIe (PCI Express) adalah jenis VGA card yang terpasang pada slot PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) yang kecepatan rendering hingga 32 GByte/s. Slot PCIe adalah perkembangan dari slot PCI sebelumnya dengan kemampuan luar biasa. Teknologi ini pertama kali dipakai pada tahun 2004, pada jaman sekarang kecepatan transfer data yang besar sangat dibutuhkan.




Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar